Youtube 2021 Fokus Luncurkan Fitur Shorts dan Online Shopping

Updated: Feb 18

VONMAGZ, Jakarta- YouTube tengah bersiap untuk meluncurkan 'Shorts' versi beta pada bulan Maret mendatang. Fitur ini dinilai akan bersaing dengan TikTok. Sejumlah fitur yang akan hadir di YouTube nantinya akan memberi lebih banyak akses kreator, seperti yang diumumkan oleh salah satu tim dari YouTube, Neal Mohan. Ia mengatakan fitur Shorts yang telah dirilis di India mengalami kesuksesan. "Jumlah channel di India yang menggunakan Shorts meningkat lebih dari 3x lipat, viewers YouTube Shorts sekarang telah mencapai 3,5 miliar setiap hari secara global" tulis Mohan pada blog nya.

Dok : Agence 90


Laporan Bahwa YouTube sedang berusaha melawan pesaingnya TikTok pertama kali muncul pada April 2020, begitu pula dengan Instagram yang meluncurkan Reel tidak lama sebelum YouTube mengumumkan Shorts. Blog Mohan juga mengumumkan fitur monetisasi baru, termasuk fitur tepuk tangan yang memungkinkan penggemar membeli animasi tepuk tangan satu kali yang muncul di bagian atas video. Para konten kreator akan diberi persentase tertentu dari pendapatan pembelian tepuk tangan.


Selain itu, YouTube juga kini sedang menguji beta shopping experience yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Nantinya para pengguna dapat membeli item dari channel YouTube yang mereka ikuti dan percayai. Para konten kreator dapat menandai produk dalam videonya sehingga penonton dapat langsung membelinya jika mereka mau. Hingga saat ini, laporan yang didapatkan oleh The Verge bahwa produk yang akan dijual terbatas pada kategori elektronik dan kecantikan, belum diketahui apakah YouTube akan menambahkan kategori penjualan nantinya.

0 comments

Recent Posts

See All