WHO Sebut Situasi Pandemi Covid-19 Belum Selesai

VONMAGZ, JAKARTA - Diah S Saminarsih, Penasihat Senior Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) dalam diskusi HUT Populasi Center Ke-10 pada Senin (6/6) Secara virtual mengatakan bahwa hingga saat ini, dunia masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Ia menambahkan bahwa virus Corona secara aktif masih terus bereplikasi dan dengan mudah manular satu individu ke individu lainnya sehingga kita masih membutuhkan waktu untuk bisa benar-benar selesai dari pandemi.


Photo Courtesy of NYU Law News

Menurut Diah, pandemi Covid-19 yang telah terjadi selama 2 tahun belakangan ini membuat manusia berupaya untuk mendapatkan perlindungan salah satunya melalui vaksin yang dibuat dalam kurun waktu cukup cepat. Namun, Diah menyayangkan cakupan vaksinasi yang kurang merata di seluruh dunia dan hanya didominasi oleh negara-negara maju. “Di Afrika baru 5 Sampai 10 persen cakupan vaksinasinya, berbeda dengan negara-negara yang lebih manju,” Ujar Diah.

Diah juga menyampaikan hal terkait new normal yang telah diterapkan hampir di seluruh Dunia seperti menggunakan masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, serta melakukan tes Covid-19. Ia berpesan, langkah-langkah tersebut harus tetap dilakukan untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 kembali lagi.

0 comments