Viral Foto Anies Pamer Buku 'How Democracies Die', Buku Tentang Kepemimpinan Diktator

VONMAGZ, JAKARTA- Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta ramai diperbincangkan publik hingga para pejabat lainnya usai mengunggah foto dirinya sedang membaca buku berjudul 'How Democracies Die' di akun Twitter dan Instagram miliknya. Secara terang terangan pada Minggu (22/11). Anies seakan sengaja menunjukkan judul buku tersebut ke arah kamera. "Selamat pagi semua. Selamat Menikmati Minggu pagi" tulis Anies pada caption. Kini hampir10 ribu orang telah memberikan komentar pro dan kontra mengenai postingan tersebut.



How Decomcaries Die sendiri merupakan buku yang membahas tentang dinamika politik dalam negeri pada Pemilihan Presiden Serikat 2016 semasa pemerintahan Donald Trump. Sang pengarang dari buku tersebut mengingatkan ancaman kematian demokrasi dengan mengambil kasus di sejumlah negara. Kematian demokrasi terjadi karena terpilihnya pemimpin otoriter dengan menoleransi dan menyerukan kekerasan, menolak peraturan demokrasi hingga bersedia membatasi kebebasan sipil dan media.


Sebagai contoh fenomena yang dicontohkan dalam buku tersebut yaitu ketika kemenangan Pilpres AS Trump dari kandidat Demokrat, Hillary Clinton. Trump diduga kuat menang karena berhasil memainkan isu rasisme kulit hitam dan menebarkan ketakutan melalui penyebaran hoax. Saat terpilih, Trump bahkan langsung mengeluarkan pernyataan perang dan rencana membangun tembok pembatasan Meksiko-Amerika Serikat, dan reformasi pajak. Bukan hanya pembahasan mengenai pemerintah dibawah naungan Donald Trump, buku 'How Democracies Die' juga membahas mengenai fenomade di Filipina, Venezuela, dan Brazil yang memiliki pemimpin dengan sikap 'diktator' yang memenangi pemilu.

0 comments