Tokyo Ciptakan Toilet Tembus Pandang

VONMAGZ, Jakarta- "Tokyo Toilet Project" saat ini ramai memperbincangkan toilet umum di taman kecil di distrik Shibuya. Berbeda pada toilet pada umumnya, toilet ini berbahan dasar kaca yang tembus padang. Meskipun tembus pandang dengan warna cerah, warna tersebut akan menghilang menjadi buram ketika pintu dikunci sehingga memungkinkan menjaga privasi penghuni.

Dok : Evening Standard


Proyek toilet ini di desain langsung oleh arsitek terkemuka bernama Shigeru Ban. Toilet tersebut telah dibuka pada 31 juli 2020 lalu dan terletak di Taman Mini Yogoyo Fukamachi dan Taman Haru No Ogawa. Pada malam hari, toilet menyala seperti lampu taman pada umumnya dengan warna cerah beragam sehingga memperindah taman tersebut. "Dengan menggunakan teknologi baru, kami membuat dinding luar dengan kaca yang menjadi buram saat pengguna mengunci pintu sehingga seseorang mengerti ada orang didalamnya" ungkap Nippon Foundation.

Tujuan dari pembuatan projek ini adalah untuk membuat orang merasa nyaman saat mengunjungi kamar mandi umum. Nippon Foundation kini telah mendesain ulang 17 toilet umu di Shibuya termasuk di pusat perbelanjaan dan hiburan dibantu juga oleh perusahaan toilet TOTO. Mereka bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan publik.


0 comments
  • Instagram