TikTok Jadi Platform 'Behind the Scenes' Para Atlet Gen-Z Olimpiade Tokyo 2020

Updated: Aug 4

VONMAGZ, JAKARTA- TikTok secara tidak resmi telah menjadi tontonan behind the scenes selama olimpiade tokyo 2020 berlangsung. "Kita hidup di masa dimana atlet Olimpiade dengan santai membuat video TikTok setelah meraih medali emas" tulis salah satu komentar pada sebuah video milik perenang Inggris Adam Peaty yang menunjukkan medali emas olimpiadenya. Kini #OlympicTok menjadi channel tempat para atlet Gen Z saling berbagi pengalaman mereka.

Dok: TikTok


TV, radio, dan media lain mungkin memiliki hak atas semua pertandingan olahraga, namun TikTok memberikan sudut pandang tontonan yang berbeda sama sekali. Para atlet membagikan bentuk kamar yang disediakan oleh Olimpiade Tokyo, koridor, sepatu, merchandise yang mungkin penyiar TV tidak dapat akses untuk mendapatkannya. Para atlet juga meraih puluhan juta viewers lewat videonya untuk mengekspresikan diri.


Salah satu klip TikTok menunjukkan para pemain bisbol Israel melompat lompat di atas ranjang untuk menguji kekuatan ranjang, lalu ada yang menunjukkan tim Australia yang menempelkan tanda di balkon untuk menggoda para atlet Amerika di kamar seberang. ada juga video para pebasket belajar memasang dasi untuk upcara pembukaan, dan lain sebagainya. "Orang orang Olimpiade tampak seperti orang normal tahun ini, para atlet kebanyakan dari mereka masih muda mendokumentasikan diri mereka sendiri dengan melakukan tarian konyol dan mengerjai rekan satu tim, pada umumnya bermain main" tulis salah satu komentar.

TikTok


Secara budaya tradisional, publik melihat para atlet Olimpics ketika mereka berada di kompetisi, mereka telah melakukan prestasi luar biasa dengan kekuatan dan keterampilan yang orang lain mungkin tidak miliki. Namun di TikTok, gambaran tersebut hancur. Dengan menonton banyaknya atlet yang saling bercanda di balik layar, penonton menyadari para atlet sama seperti manusia pada umumnya.

0 comments