TikTok Hapus Hampir 7 Juta Pengguna Anak Anak Dibawah Umur

VONMAGZ, JAKARTA- TikTok dilaporkan telah menghapus hampir 7,3 juta akun yang diduga milik anak dibawah umur tahun ini dan menjadi pertama kalinya TikTok memutuskan untuk menerbitkan perubahan pada Laporan Penegakan Pedoman Komunitas untuk keselamatan pengguna. Anak anak yang berusia 13 tahun keatas baru diizinkan menggunakan platform tersebut.


Laporan tersebut tertulis : 61.951.327 video dihapus karena melanggar aturan aplikasi, kurang dari 1% dari semua video yang diunggah. 82% dari mereka dihapus sebelum dilihat, 91% sebelum pengguna melaporkannya, dan 93% dalam waktu 24 jam setelah diposting. 1.921.900 iklan ditolak karena melanggar kebijakan dan pedoman periklanan. Total 11.149.514 akun telah dihapus karena melanggar pedoman dan persyaratan layanan.

TikTok juga menambahkan bahwa mereka telah memperkenalkan beberapa langkah dan peraturan untuk melindungi remaja termasuk membatasi fitur pesan pribadi dan streaming live untuk pengguna bersuai 16 tahun kebawah. "Untuk memberikan lebih banyak visibilitas ke tindakan yang kami ambil untuk melindungi anak dibawah umur, dalam laporan ini kami menambahkan jumlah akun yang dihapus karena berpotensi dimiliki pengguna dibawah umur" kata Kepala Keamanan di TikTok, Corman Keenan.


Sebelumnya ada kasus dimana TikTok digugat atas caranya mengumpulkan dan menggunakan data anak anak. Klaim tersebut dibuat atas nama jutaan anak di Inggris dan Uni Eropa yang menggunakan platform milik Cina tersebut. Lalu Pada bulan Januari yang lalu, pengawas privasi Italia memerintahkan TikTok untuk memblokir akun dibawah umur, menyusul banyaknya kematian anak anak yang mencoba challenge yang viral tanpa diperhatikan oleh orang tua mereka.

0 comments