Diduga Sengaja Bakar Hutan di Papua Untuk Sawit , Korindo : Kebakaran Terjadi Karena Warga

VONMAGZ, Jakarta- Saat ini Greenpeace Internation dan Forensic Architecture sedang menginvestigasi dugaan perusahaan Korea Selatan, Korindo Group dia Papua yang melakukan pembakaran hutan secara sengaja untuk usaha perkebunan kelapa sawit. Pasalnya luas hutan yang dikabar mencapai 57 ribu hektar di wilayah Boven Digoel dan Merauke. Akibat kejadian tersebut, tagar #SavePapua dan #KoreaSelatan menjadi trending di Twitter Indonesia.

Flickr


Namun tuduhan tersebut langsung dibantah oleh pihak Korindo Group. Perusahaan tersebut bersikeras dan menegaskan bahwa kebakaran terjadi karena kemarau. Bahkan mereka juga mengklaim bahwa kebakaran terjadi karena warga yang berburu tikus tanah yang sembunyi di bawah tumpukan kayu. Korindo merasa kesal karena aksi warga tersebut merugikan perusahaan secara finansial.

Flickr


Tim gabungan dua organisasi yang melakukan investigasi menggunakan data yang dikumpulkan menggunakan satelit NASA untuk mengindentifikasi sumber panas dari kebakaran lahan. "Jika kebakaran di konsesi Korindo terjdi secara alami, kerusakan lahannya tidak akan teratur. Namun setelah dilacak dari pergerakan deforestasi dan kebakaran dari waktu ke waktu menunjukkan bahwa hal itu jelas terjadi secara berurutan dengan kebakaran yang mengikuti arah pembukaan lahan dari barat ke timur dan terjadi secara besar-besaran di dalam batas konsesi Korindo" kata peneliti senior dari Forensic Architecture.

0 comments