Taliban Berhasil Kuasai Istana Presiden, Presiden dan Warga Kabur dari Wilayah Kabul Afghanistan

VONMAGZ, JAKARTA- Momen ketika Taliban berhasil memasuki ibukota Afghanistan, Kabul berujung membuat presiden Afghanistan melarikan diri. Bukan hanya itu, warga juga mulai berbodong bodong ke arah bandara untuk segera keluar dari wilayah tersebut.


Juru bicara Taliban, Mohammad Naeem mengatakan bahwa penyampaian bentuk pemerintahan dan rezim baru akan diumumkan. Sedangkan Presiden Ashraf Ghani yang memutuskan untuk kabur menulis sebuah postingan di Facebook pada Minggu (15/8).

Dok: CNBC


"Hari ini saya menemukan pilihan yang sulit, jika saya harus berdiri menghadapi Taliban bersenjata yang ingin memasuki istana, atau meninggalkan negara tercinta yang saya dedikasikan hidup saya untuk melindungi selama dua puluh tahun terakhir. Taliban telah memutuskan untuk menyingkirkan saya, mereka disini untuk menyerang semua Kabul dan orang orang Kabul. Untuk menghindari banjir pertumpahan darah, saya pikir yang terbaik adalah keluar" tulisnya.

Dok: CNBC


Di sisi lain, lima orang tewas ketika warga Afghanistan berlarian menuju bandara Kabul untuk kabur setelah Taliban berhasil menguasai ibu kota. Suasana di bandara semakin mencekam setelah adanya suara tembakan. Sebelumnya 62 negara sudah mengingatkan agar pihak pihak di Afghanistan menjamin keselamatan warga yang ingin meninggalkan wilayah tersebut. Seruan itu tersebar setelah Taliban berhasil memasuki Kabul dan Istana Kepresidenan. Sedangkan presiden kabur ke Tajikistan demi menghindari resiko dan ancaman pembunuhan.


0 comments