Syarat Baru, Buat SIM, STNK, Jual Beli Tanah, dan Naik Haji Wajib Miliki Kartu BPJS Kesehatan

VONMAGZ, JAKARTA- Ada peraturan baru untuk membuat SIM, STNK, jual beli tanah, hingga melaksanakan umroh/ibadah haji, yaitu wajib memiliki kartu BPJS Kesehatan. Peraturan baru tersebut tertera pada Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Photo Courtesy of Jakarta Post


Lewat instruksi Presiden yang dikeluarkan pada 6 Januari 2022, Kepala Kepolisian RI harus menyempurnakan regulasi itu teruntuk warga yang akan membuat SIM, STNK, SKCK dengan harus menyertakan kartu BPJS Kesehatan. "Melakukan penyempurnaan regulasi untuk memastikan pemohon SIM, STNK, SKCK adalah peserta aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional, mensyaratkan calon jamaah Umrah dan jamaah Haji khusus merupakan peserta aktif dalam program JKN" tulis Inpres tersebut.


Di sisi lain, Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional juga mengumumkan bahwa untuk melakukan jual beli tanah wajib menggunakan kartu BPJS Kesehatan mulai 1 Maret 2022 mendatang.


"Persyaratan ketentuan ini mulai berlaku pada 1 Maret 2022. Setiap permohonan pelayanan pendaftaran peralihan hak atas tanah atau Hak Milik atas Satuan Rumah Susun karena jual beli harus dilengkapi dengan fotokopi Kartu Peserta BPJS Kesehatan" tulis surat dengan nomor HR.02/164-400/II/2022 yang telah ditanda tangani oleh Dirjen Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah Suyus Windayana, seperti yang dilansir oleh CNNIndonesia.com.

0 comments