Studi Melaporkan Investasi di LEGO Lebih Baik Daripada Saham dan Emas

VONMAGZ, JAKARTA- Sebuah studi menemukan bahwa berinvestasi di LEGO lebih baik daripada berinvestasi lewat emas. Studi yang dipimpin oleh Associate professor Victoria Dobrynskaya di Universitas HSE Moskow, lebih dari 2.300 set LEGO berbeda yang dirilis antara tahun 1987-2015 ditemukan harganya lebih tinggi 10-11% daripada saham, obligasi, emas, barang koleksi seperti perangko atau anggur.

Photo Courtesy of Getty Images


Set kit LEGO yang termahal temasuk Millennium Falcon, Death Star 11 and Imperial Star Destroyer dari Star Wars, Cafe on the Corner, dan Taj Mahal. Studi mengatakan alasan utama kenaikan harga adalah LEGO tersebut memiliki permintaan yang lebih tinggi karena stock terbatas, terutama jika bertema dengan ikon atau film populer. LEGO juga dinilai akan memiliki sejarah yang cukup panjang, banyak orang orang yang sudah mandiri secara finansial mulai membeli barang barang nostalgia, seperti kartu Pokemon misalnya yang dilelang dengan harga yang sangat mahal.


"Tidak semua set akan berhasil untuk diinvestasi, dan seseorang harus menjadi penggemar LEGO sejati untuk memilah pasar dan melihat potensi investasi" kata Dobrynskaya.

0 comments