Sri Lanka Krisis, Seluruh Menteri Mengundurkan Diri

VONMAGZ, Jakarta- Sri Lanka mengumumkan status darurat nasional di negaranya pada Jumat (1 April) setelah demo keras dan krisis ekonomi terburuk dalam beberapa tahun terakhir setela kenaikan harga barang, kekurangan bahan pokok, BBM, dan pemadaman listrik bergilir.


Photo Courtesy of Reuters


Setelah demo besar-besaran dan banyak bentrok warga dan polisi, 26 menteri Sri Lanka memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya di tengah situasi krisis ekonomi. "Seluruh menteri mengajukan surat pengunduran diri agar presiden dapat membentuk kabinet baru" kata Menteri Pendidikan Sri Lanka Dinesh Gunawardena pada Minggu (3 April).


Bukan hanya itu, pemerintah Sri Lanka juga memblokir media sosial untuk menekan kerusuhan publik. "Pemblokiran media sosial dilakukan sementara dan diterapkan atas perintah khusus dari Kementrian Pertahanan. Hal itu diterapkan untuk kepentingan negara dan menjaga masyarakat tetap tenang" kata Kepala Komisi Regulator Telekomunikasi Sri Lanka Jayantha de Silva. Akses media sosial yang diblokir tersebut termasuk Facebook, WhatsApp, YouTube, Instagram, dan Twitter.

0 comments