Sopir Truk Tronton Penyebab Kecelakaan Maut di Balikpapan Jadi Tersangka

VONMAGZ, JAKARTA- Polisi telah menetapkan M Ali sebagai tersangka atas kasus kecelakaan beruntun truk tronton hingga menewaskan 4 orang, 1 kritis dan belasan lainnya terluka. Kepolisian kini masih melakukan pemeriksaan terhadap M Ali dan ditahan oleh penyidik di Polresta Balikpapan. "Sudah, saat ini kita amankan dan diperiksa di Polresta Balikpapan" kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo.

Photo Courtesy of Banten Raya


Penyelidikan awal adanya dugaan kecelakaan maut itu terjadi karena truk mengalami rem blong saat akan melintas di lampu merah Muara Rapak. Penyidik menduga tersangka telah melanggar ketentuan Pasal 310 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal itu bisa menjerat pengendara karena kelalaiannya yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan dan/atau barang dapat dipidana.



M Ali juga ditemukan melanggar beberapa aturan, termasuk mengemudikan truk tronton di jalur yang dillarang. "Sudah ada aturan Perwali, bahwasanya truk angkut besar itu hanya diizinkan melintas pada malam hari, jadi 6 pagi sampai 12 malam tidak boleh melintas, ini dasar sopirnya aja yang bandel" kata Yusuf. Lalu pelanggaran kedua, M Ali diduga juga tidak mengecek terlebih dahulu kelayakan truk yang dikendarainya sebelum berangkat. "Yang kedua teknis layak jalan dia belum cek betul apakah rem kendaraannya blong apa tidak" tambah Yusuf.

0 comments