Skotlandia Menjadi Negara Pertama yang Menyediakan Produk Menstruasi Secara Gratis

VONMAGZ, JAKARTA- Parlemen Skotlandia telah mengesahkan UU yang menjadikan mereka negara pertama yang membuat produk menstruasi wanita seperti tampon dan pembalut dijual secara gratis. RUU tersebut menyatakan bahwa Pemerintah Skotlandia harus menyiapkan skema di seluruh bagian negara Skotlandia untuk memungkinkan bagi siapa saja yang membutuhkan produk menstruasi tersebut secara gratis, mulai dari sekolah dan universitas harus memiliki produk tersebut secara gratis di toilet mereka. Pemerintah Skotlandia juga memiliki kekuasaan untuk membuat badan publik lainnya menyediakan produk periode secara gratis.

Getty


Monica Lennon seorang anggota parlemen dari oposisi Partai Buruh sebelumnya telah mengadakan kampanye untuk melawan 'kemiskinan periode', ketika seseorang yang membutuhkan produk menstruasi dan tidak mampu membelinya. Ia menggambarkan UU tersebut secara praktis dan progresif, terutama selama pandemi Covid-19. "Menstruasi tidak berhenti karena pandemi dan upaya untuk meningkatkan akses ke tampon dan pembalut tidak pernah lebih penting. Mengenai masalah martabat tentang menstruasi, saya sangat bangga bahwa Skotlandia memimpin dan kami telah bergerak dengan sangat cepat dalam waktu singkat" kata Lennon.

Getty


Seperti yang dilansir oleh NPR, program tersebut juga dilakukan atas hasil survei terhadap 2.000 siswa di Skotlandia yang menemukan 1 dari 4 responded kesulitan mendapatkan akses produk menstruasi.

0 comments
  • Instagram