Situasi Dunia Makin Kompleks, Singapura Hilangkan Ranking Kelas dan Beberapa Ujian Bagi Siswanya

VONMAGZ, JAKARTA- Singapura tidak lagi membandingkan hasil nilai siswa satu sama lain, dilaporkan world economic forum. Hal ini bertujuan bahwa 'belajar bukanlah sebuah kompetisi' dan mempersiapkan generasi muda untuk masa depan.

Photo Courtesy of CNN International


Raport sekolah juga nantinya tidak akan lagi menunjukkan ranking atau posisi siswa di kelas agar para siswa fokus pada perkembangan mereka sendiri serta mencegah membanding bandingkan yang tidak sehat dengan teman sekelasnya. Sementara untuk siswa berusia 6-8 tahun tidak akan diberikan ujian sama sekali dengan syarat guru masih menggunakan penilaian untuk memeriksa pemahaman dan memberikan feedback kepada siswanya.


Ujian di tengah tahun juga akan dihapus untuk siswa diatas 8 tahun untuk memberikan kebebasan dan lebih banyak waktu di sekolah dan untuk menyesuaikan diri dengan mata pelajaran baru atau mendorong dan memotivasi belajar mandiri. Kementerian pendidikan Singapura ingin mengurangi fokus berlebihan pada nilai dan membantu siswa menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks dengan menjadi 'lifelong learners'.

0 comments