Shopee Bantah Isu Viral Beri Upah Rendah Kepada Kurir Paket Shopee Express

VONMAGZ, Jakarta- PT Shopee International Indonesia merespons isu pemberian upa rendah kepada kurir Shopee Express yang telah menjadi sorotan dan memancing kritikan dari netizen. Isu tersebut muncul setelah berita keterlambatan pengiriman barang yang berujung pada dugaan demo kuris yang dikabarkan mengalami pemotongan tarif kirim per paket. Namun Handhika Jahja selaku Executive Director Shopee Indonesia membantah isu tersebut dan mengatakan bahwa perusahaan telah memberikan upah kurir Shopee Express secara kompetitif, bahkan menurut mereka lebih tinggi dari e-commerce lain.

Dok : Tribunnews


"Dapat kami informasikan bahwa insentif untuk mitra pengemudi SPX sangatlah kompetitif di industri jasa logistik. Contohnya, jika seorang mitra pengemudi SPX di wilayah Jabodetabek membawa 80 paket sehari, mereka bisa mendapatkan insentif rata rata senilai Rp.2.213 untuk setiap paket. Sebagai ilustrasi, rata rata per upah paket yang ada di pasaran berkisar Rp.1.700 dan Rp.2.000 oleh jasa logistik lainnya" kata Handhika kepada media kumparan.com.


Sebelumnya, ramai pemberitaan terkait demo kurir Shopee Express yang diunggah oleh akun Twitter bernama @braddamamad pada 9 April 2021. "Contoh, untuk Jakarta. Kurir harus bawa minimal 40 paket dan keantar semua makan kurir mendapatkan 115.000. Paket ke 41 dan seterusnya akan mendapatkan 1.800/paket. Kok dikit banget? iya, gue setuju dengan ini. Menurut gue ini gak pantas untuk kurir" tulis akun tersebut.


Lalu ada isu demo kurir Shopee karena pemotongan upah yang diunggah oleh akun @CibiWiranegara. Ia mengungkapkan pembicaraan WhatsApp dengan seorang kurir Shopee Express yang mengatakan telah terjadi demo pegawai akibat upah per pengiriman menurutn dari 2.000 rupiah menjadi 1.500 rupiah.


Handhika membantah adanya demo yang dilakukan oleh seluruh kurir logistik Shopee Express. "Kami menyediakan perlindungan asuransi untuk para mitra pengemudi SPX, agar dapat memberikan lingkungan yang aman dan produktif. Soal upah minimum, Shopee disebutnya memberi upah kurir mengikuti peraturan yang berlaku di daerah terkait. Perihal keterlambatan beberapa pengiriman, itu terjadi pada saat kampanye 4.4 Mega Shopping Day yang lalu, mengingat antusiasme yang tinggi dari para pengguna atas kampanye tersebut" kata Handhika.

0 comments