Setelah Lagu dan Film, Konten YouTube Dengan Jutaan Viewers Bisa Jadi Jaminan Pinjaman Bank

VONMAGZ, JAKARTA- Yasonna Laoly selaku Menteri Hukum dan HAm mengatakan bahwa konten YouTube dengan banyak viewers sudah bisa dijadikan jaminan pinjaman atau utang ke bank, menyusul lagu dan film yang juga bisa digunakan untuk jaminan hutang ke lembaga keuangan bank maupun non-bank.

Photo Courtesy of Medcom.id


Keputusan tersebut merupakan fasilitas skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual melalui PP Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif yang sudah ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 Juli yang lalu.


"Jadi kalau kita mempunya sertifikat kekayaan intelektual atau merek kah, atau hak cipta lagu kah, kalau sudah lagu kita ciptakan masuk ke YouTube kalau sudah dia jutaan viewers itu sertifikatnya sudah punya nilai jual. Kalau kita tiba-tiba membutuhkan uang, kita bisa gadaikan di bank kata Yasona, Kamis (21 Juli) di Hotel Tentrem, Yogyakarta.


"Semakin tinggi value dan potensi ekonomi dari karya cipta, merek atau paten yang dimiliki tersebut maka nilai pinjaman yang akan diberikan pun akan semakin besar. Peraturan tersebut juga mensyaratkan bahwa kekayaan intelektual harus ditetapkan di Direktorat Jenderal Kekayaan intelektual. Segenap upaya pemajuan kekayaan intelektual guna mewujudkan pemulihan ekonomi nasional menjadi konsen kami" tambah Yasona.

0 comments