Setelah Klaim Batik, China Kini Klaim Kimchi Milik Korea Selatan

VONMAGZ, JAKARTA- China kini berusaha untuk mengklaim kimchi yang membuat warga Korea Selatan murka. Kimchi sendiri merupakan makanan tradisional yang dinilai telah menjadi identitas utama budaya Korea Selatan, selain itu, kimchi juga menjadi makanan warga korsel hampir setiap harinya. China mengaku telah memiliki sertifikasi dari Organisasi Internasional untuk Standardisasi untuk "pao cai" hindangan sayur acar dari Sichuan yang biasa disebut "kimchi". Klaim China tersebut ditolak dengan cepat oleh Kementrian Pertanian Korea Selatan. Mereka bersikeras menyatakan bahwa kimchi bukan hanya sekedar kubis yang difermentasi namun juga menjadi bagian sentral dari budaya makanan bangsa Korea dan telah diakui oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB sejak tahun 2011.

Getty Images


Kemarahan muncul di kalangan pengguna media sosial asal Korea Selatan. Banyak yang menuliskan kekesalannya atas kabar tersebut di Naver yang merupakan media sosial asal Korea Selatan. "Saya yakin saya membenci Cina lebih dari saya membenci Jepang sekarang!" tulis salah satu netizen. "Secara historis, Cina telah menjadi negara paling banyak menimbulkan masalah bagi Korea", "Sangat membuat frustasi melihat Cina mengklaim begitu banyak warisan kita" tulis netizen lainnya. Bukan hanya di Naver, serangan juga banyak terjadi di Twitter. Salah satu penggguna mengatakan bahwa Cina seharusnya malu karena dianggap tidak mengetahui sejarah dunia. Kini netizen Korea Selatan bersama sama menyerukan untuk melakukan boikot perjalanan dan barang impor dari China.


Twiiter


Sebelum Korea Selatan, Cina sendiri juga sempat mengklaim batik asal indonesia pada tahun 2009 yang mengatakan batik adalah karya milik negaranya. Sebuah tweet dari media china, China Xinhua News di @XHNews yang mengatakan batik merupakan karya asli kelompok masyarakat di Cina. Ribuan komentar dari netizen Indonesia yang marah memberikan tanggapan tidak setuju atas klaim yang dibuat. Salah satu akan mempertanyakan jika memang batik memang karya asli Cina, mengapa mereka juga menyebutnya dengan sebutan 'batik' dimana merupakan bahasa Indonesia.

0 comments
  • Instagram