Setelah 20 Tahun, Biden Akhirnya Izinkan Dokumen Tragedi 9/11 Dipublikasikan

VONMAGZ, Jakarta- Pemerintah Amerika Serikat telah memberikan izin untuk dapat mempublikasikan dokumen yang berkaitan dengan penyelidikan FBI atas serangan teroris 11 September 2001. Izin tersebut dirilis setelah Joe Biden menandatangani perintah eksekutif dan mengarahkan Departemen Kehakiman dan lembaga federal lainnya untuk meninjau dokumen serangan tersebut.


Foto: Getty


"Hari ini saya menandatangani perintah eksekutif yang mengarahkan Departemen Kehakiman dan lembaga terkait lainnya untuk mengawasi tinjauan deklasifikasi dokumen yang terkait dengan investigasi Biro Investigasi Federal pada 11 September. Perintah eksekutif mengharuskan Jaksa Agung untuk merilis dokumen yang tidak diklasifikasin secara publik selama enam bulan ke depan. Kita tidak boleh melupakan rasa sakit abadi dari keluarga dan orang orang tercinta dari 2.977 orang tak berdosa yang tewas dalam serangan teroris terburuk di Amerika dalam sejarah kita. Sejak kesimpulan tragedi 9/11 tahun 2004 banyak bukti investigasi telah terungkap yang melibatkan pejabat pemerintah Saudi dalam mendukung serangan itu." kata Biden.

Getty


Ribuan keluarga korban menggugat Arab Saudi pada 2017 dan merilis lebih banyak informasi tentang kemungkinan keterlibatan Saudi dalam membiayai serangan teroris. Langkah Biden untuk mendeklasifikasi dokumen menandai momen penting dalam pencarian hampir dua puluh tahun untuk beberapa keluarga korban setelah kehilangan orang yang mereka dicintai pada 11 September 2001.


"Hati saya terus bersama keluarga korban 9/11 yang menderita, dan pemerintahan saya akan terus terlibat dengan anggota komunitas ini. Saya menyambut suara mereka" tambah Biden.

0 comments