Seoul Ditinggalkan Warganya Karena Harga Rumah Melonjak

VONMAGZ, JAKARTA - Seoul, Ibu Kota Korea Selatan (Korsel) ditinggalkan oleh warganya sebab biaya perumahan meningkat sangat tinggi. Para keluarga dan anak-anaknya memilih untuk tinggal di pinggir kota dan kota-kota kecil di sana.


Photo Courtesy of Getty Images


Data statistik pemerintah Korsel pada Senin (20/6/2022) membuktikan bahwa terdapat sebanyak 9,49 juta orang yang tinggal di Seoul pada Mei 2022, angka ini menurun dari puncak 10,97 juta penduduk pada tahun1992. Populasi ibu kota sudah turun di bawah ambang batas 10 juta pada tahun 2016. Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan baru saja melaporkan perkiraan jumlah penduduk akan terus menyusut, bahkan mungkin hanya ada 7,2 juta pada 2050 nanti.


Prediksi tersebut menjadi pukulan telak bagi prestise kota Seoul. Ia telah lama mengemban reputasi sebagai salah satu ibu kota terbesar dan paling berpengaruh di sana. Hal ni juga akan memicu pertanyaan mengenai vitalitas ekonomi kota yang sampai saat ini berambisi menarik bisnis multinasional mengikuti jejak Hong Kong, di tengah celah tindakan keras yang dilakukan China.


Seoul sangat berminat untuk memikat perusahaan di sektor keuangan, untuk mengalahkan Tokyo dan Singapura sebagai pasar utama di Asia-Pasifik.

0 comments