Seorang Jurnalis Tewas Bakar Diri Didepan Kantor Kementrian

Updated: Oct 4, 2020

VONMAGZ, Jakarta- Seorang jurnalis beranama Irina Slavina di Rusia meninggal dunia setelah membakar dirinya sendiri di depan kantor Kementerian Dalam Negeri Rusia di Ninzhny, Novgorod. Wanita tersebut sempat menulis status di akun Facebook miliknya sebelum melakukan aksi bakar diri. "Saya meminta kalian untuk menyalahkan pemerintah Rusia atas kematian saya". Slavina adalah seorang direktur dari sebuah media lokal bernama Koza Press. Mereka mengakui bahwa mereka merupakan media yang tidak menutupi berita apapun, berani mengkritik pemerintah dan tidak akan tunduk pada perintah dari atasan.

Dok : Istimewa


"Kasus kriminal diarahkan ke Slavina dengan tuduhan politik. Kemarin apartemennya digeledah, pintunya didobrak, dan laptopnya disita. Mereka benar benar mendorongnya untuk bunuh diri" kata Alexei Navalvy yang menrupakan tokoh oposisi Rusia. Oposisi lainnya bernama Dmitry Gudkov menilai bahwa Slavina nekat membakar dirinya sendiri karena mengalami tekanan dari pihak berwenang. "Selama beberapa tahun terakhir para pejabat keamanan telah menekannya tanpa henti karena dikap kritisnya" ucapnya

Dok : Daily Star


Warga Rusia turun ke jalan untuk mengenang Slavina setelah kejadian bunuh diri tersebut, beberapa orang memegang spanduk dengan tulisan "Negara Pembunuh"

0 comments