Seluruh Dunia Menunggu : Derek Chauvin Diadili Hari Ini Atas kematian George Floyd

VONMAGZ, Jakarta- Proses sidang mantan Petugas Kepolisian Minneapolis, Derek Chauvin dimulai Senin pagi (29/3). Chauvin menghadapi tiga dakwaan, termasuk pembunuhan tingkat dua atas kematian George Floyd. Bukti video sembilan menit kematian Floyd dimana ia berulang kali berteriak 'I can't breathe' yang berujung menyebabkan protes global terhadap kebrutalan polisi. Kemarahan seluruh warga AS berujung kekerasan disertai penjarahan dan pembakaran kantor polisi dan toko toko di Selatan kota.

Dok : CNBC

Dok : MPR


Empat belas juri dengan delapan orang kulit putih dan enam orang kulit bewarna dipilih selama proses seleksi untuk kasus tersebut. Di dalam ruangan sidang di Pusat Pemerintah Kabupaten Hennepin dijaga ketat semasa penuntut maupun pembela mencoba menjelaskan kasus itu. Seorang pengacara bernama Jerry Blackwell untuk negara bagian dan pendiri Asosiasi Pengacara Minnesota, mengatakan apa yang terjadi pada video 9 menit dan 29 detik ketika Deren Chauvin memberikan kekerasan yang berlebihan pada tubuh George Floyd. Blackwell juga menguraikan rencana jaksa penuntut untuk membuktikan bahwa Chauvin yang menekan leher Floyd merupakan aktivitas yang sangat berbahaya tanpa mempedulikan dampaknya.


Hakim Peter Cahill menunda persidangan dan diganti hari ini Selasa (30/3) 09:30 waktu setempat dengan Williams sebagai saksi.

0 comments