Rumah Sakit Tidak Teliti, 196 Jenazah Dibongkar Setelah Terbukti Negatif Covid-19

VONMAGZ, JAKARTA- Bambang Suhari selaku Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung mengatakan sebanyak 196 makam dari 1.400 liang lahat di kuburan khsusus Covid-19 di TPU Cikadut dibongkar dan dipindahkan ke kuburan lain setelah para jenazah dinyatakan negatif Covid-19. Pemindahan tersebut merupakan permintaan ahli waris setelah melengkapi sejumlah persyaratan dari Distaru. "Sebanyak 71 jenazah itu dipindahkan ke luar kota Bandung. Sementara sisanya 125 jenazah dipindahkan ke pemakaman keluarga atau TPU milik pemerintah yang tersebar di kota Bandung" kata Bambang dalam laporan tertulis, Senin (14/6).

Dok : Liputan6


Bambang juga menambahkan pembongkaran dilakukan karena ketidaktelitian dari beberapa pihak rumah sakit. "Kenapa RS kurang teliti mendatangkan jenazah ke Cikadut? Padahal dia jelas bukan Covid-19. Mungkin hasil swabnya baru empat hari kemudian. Pada akhirnya yang diabetes, jantung, dan atau penyebab lainnya dimakamkan dengan protokol Covid-19 di Cikadut" ujarnya.


Bambang mengingatkan apabila pihak rumah sakit akan memakamkan jenazah ke TPU Cikadut agar berkoordinasi dahulu bersama pengelola di lapangan. Ia meminta agar lebih cermat untuk mengidentifikasi penyakit pasien. "Terkadang RS membawa jenazah ke Cikadut tanpa pemberitahuan ke Distaru melalui UPT TPU di Cikadut. Tiba tiba datang dan harus dimakamkan. Untung petugas kami siap selalu di lapangan memberikan pelayanan" tambah Bambang.

0 comments