Rencana E-Sports Masuk ke Kurikulum Sekolah SMP dan SMA

VONMAGZ, JAKARTA- E-sports dilaporkan akan masuk ke dalam kurikulum sekolah pada tingkat SMP dan SMA, yang disampaikan langsung oleh Ashadi Ang selaku Ketua Bidang Humas dan Komunikasi Pengurus Besar E-Sport Indonesia.

Photo Courtesy of Getty


"E-Sport juga masuk di kurikulum sekolah kejuruan. Untuk masuk ke kurikulum, kami bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenpora. Kami ingin memberikan sebuah edukasi sejak dini ketika mereka di bangku SMP, SMA, SMK. Artinya, ketika kita bicara e-sports, ini ekosistemnya sebesar ini, peluangnya sebesar ini, serta pondasi-pondasi apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan supaya menjadi atlet sukses" kata Ashadi pada Kamis (25 November), seperti yang dilansir Antara.


Namun di sisi lain,Kepala Bdan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nino Aditomo merespons bahwa pernyataan tentang e-sports yang akan masuk ke kurikulum belum memiliki izin meskipun Kemendikbud memang sedang merancam kurikulum baru yang disebutkan oleh Mendikbud pada Hari Guru Nasional. Ia juga menilai bahwa E-sports juga bisa masuk sebagai konten pengembangan kurikulum sekolah, tapi yang terpenting adalah pemberian materi untuk nalar kritik.


"Konten spesifik seperti e-sports bisa saja digunakan oleh sekolah sebagai bagian dari kurikulum mereka. Yang penting adalah materi tersebut digunakan untuk mengembangkan kecakapan esensial seperti nalar kritis, kreativitas, dan gotong royong" kata Nino Aditomo lewat akun Twitternya.

0 comments