Raup Keuntungan 850 Triliun, Pendiri TikTok Masuk Kelompok Orang Terkaya di Dunia

VONMAGZ, Jakarta- Satu tahun berlalu setelah startup ByteDance mengalami tekanan dari pemerintah Amerika Serikat dibawah kendali mantan Presiden Donald Trump. Pemerintahan tersebut menginginkan untuk mengambil alih platform tersebut untuk menyingkirkan seluruh aset. Di saat itu juga, TikTok dibawah naungan ByteDance terus berkembang pesat selama pandemi. Dibalik pendirinya, Zhang Yiming (38) tahun ini berhasil meraup keuntungan hingga 850 triliun dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Dok : Wall Street Journal


Saham perusahaan yang diperjual belikan di pasaran swasta penilainnya kini lebih dari 250 miliar dolar, menurut pihak yang mengetahui kesepakatan tersebut. Zhang memiliki sekitar seperempat saham ByteDance bersama Pony Ma dari Tencent Holdings Ltd, menurut Bloomberg Billionaires Index. TikTok meningkatkan pendapatannya 2x lebih lipat lebih besar setelah mengembangkan periklanan intinya ke berbagai bidang seperti e-commerce dan game online. Kini mereka mempertimbangkan opsi untuk penawaran umum perdana ke beberapa bisnis.


"Zhang adalah seseorang yang dikenal karena berpikir jangka panjang dan tidak mudah dibujuk oleh kemunduran jangka pendek. Dia siap membangun bisnis global yang awet" kata partner di perusahaan modal ventura Synaptic Ventures, Ma Rui.

0 comments