Presiden Olimpiade Tokyo Mundur Setelah Buat Pernyataan 'Perempuan Terlalu Banyak Bicara'

VONMAGZ, Jakarta- Setelah dikecam oleh publik atas pernyataannya yang dianggap telah merendahkan perempuan, Presiden Olimpiade Tokyo Yoshiro Mori akhirnya meminta maaf dan berniat untuk mengundurkan diri dari posisinya. Pernyataan tersebut dilontarkan olehnya saat menghadiri pertemuan virtual para pejabat senior komite Olimpiade Tokyo. Sebelumnya Mori mengatakan tentang perempuan yang terlalu banyak bicara dan menggegerkan banyak pihak dari dalam negeri hingga luar negeri. "Perempuan punya rasa persaingan yang kuat. Jika satu orang mengangkat tangan untuk bicara, yang lain harus pula ikut bicara. Semuanya merasa perlu untuk bicara. Jika kita ingin menambah direktur perempuan, kita harus memastikan ada pembatasan lamanya mereka berbicara, mereka sulit berhenti, suatu hal yang menjengkelkan" ucap Mori.

Getty Images


Menanggapi hal tersebut, Yuriko Koike selaku gubernur Tokyo pada hari Rabu (10/2) mengatakan dirinya akan memboikot pertemuan pada minggu depan yang dihadiri oleh Mori dan Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach. "Melihat situasi yang berkembang, saya kira hadir di pertemuan tersebut akan mengirim pesan yang salah" kata Koike, seorang gubernur perempuan pertama di Tokyo.


Mori diperkirakan akan segera mengundurkan diri dari jabatannya dan meminta maaf melalui Nippon TV dan akan menjelaskan kontrovesi yang terjadi di pertemuan tersebut.

0 comments
  • Instagram