PlayStation Dituntut Karena Dituduh Lakukan Pemerasan Terhadap Pengguna

Updated: Aug 25

VONMAGZ, JAKARTA - Sony PlayStation, perusahaan game console ternama harus menghadapi tuntutan senilai $5,9 miliar atau setara dengan Rp88 triliun atas dugaan pemerasan terhadap konsumen karena harga permainan yang pasarkan terlalu tinggi. Gugatan ini merupakan tuntutan kolektif dalam Competition Appeal Tribunal (Pengadilan Banding Persaingan) di Inggris.

Photo Courtesy of Getty Images


Sony PlayStation disebut menyalahi aturan hukum dalam menjalankan kompetisi bisnis antar perusahaan game developer sebab menetapkan harga yang terlalu tinggi sehingga membuat kompetisi pasar game menjadi tidak sehat. Selain harga, Sony dianggap mengambil komisi dari PlayStation Store dengan tidak masuk akal yaitu sebesar 30%. Kabarnya Sony mengantongi $5,9 miliar dari permainan harga terhadap konsumen selama enam tahun terakhir.


The Guardian melaporkan, dari kisaran sembilan juta pelanggan mereka di Inggris, setiap orang telah mengalami kerugian sebanyak $78,5 (sekitar Rp1,1 juta) hingga $659 (sekitar Rp9,8 juta). Advokat hak konsumen dari Inggris, Alex Neil, yang memimpin gugatan tersebut menerangkan, “Lewat tindakan hukum ini, saya berdiri bersama jutaan rakyat Inggris yang telah secara tidak sadar diberikan harga terlalu tinggi. Kami percaya Sony telah menyalahi posisinya dan telah memeras pelanggannya,"

0 comments