Penjelasan Aparat Tentang Penangkapan di Kinipan : Pencurian Mesin dan Pembakaran Pos Pantau PT SML

Updated: Sep 2, 2020

VONMAGZ, Jakarta- Effendi Buhing yang merupakan Ketua Komunitas ditangkap paksa di rumahnya di Desa Kinipan, Batang, Kalimantan tengah. Alasan ditangkapnya Effendi adalah karena diduga melakukan pencurian satu unit mesin gergaji mesin bersama beberapa orang lainnya di Blok J047 Afdeling Charlie, Desa Batu Tambun, Batang pada tanggal 23 Juni 2020.

Dok : Tempo


Selain itu, adanya pengaduan dari PT SML bahwa adanya pembakaran pos pantau yang dimana Effendi juga diduga sebagai otak peristiwa. "Saat ini pemeriksaan awal masih dilakukan kepada Effendi Buhing, yang bersangkutan tidak kooperatif kepada penyidik dan tidak benar kalau kepolisian bertindak tidak sesuai prosedur. Kami profesional dan tetap memberikan hak jawab kepada semua karena semua sama di depan hukum" Kata Hendra yang merupakan kabid humas polda Kalimantan Tengah.


Sempat viral di media sosial tentang kriminalisasi yang dilakukan oleh pihak aparat, kepolisian mengungkapkan apabila beberapa pelaku bawahan Effendi yang telah memiliki status tersangka menggunakan ikat berwarna merah yang menandakan persiapan perang. Di satu sisi, Effendi juga dinilai tidak kooperatif untuk menjalani pemeriksaan.


"Laporan polisi tentang pembarakan pos pantau milik PT SML terungkap atas nama Effendi Buhing yaitu diduga orang yang menyuruh melakukan tidak pencurian, pembakaran. Ada saksi yang mengatakan yang bersangkutan ada di TKP. Saat dijemput, dia emosi, keluarganya. Ini murni kriminalitas, tidak ada sangkut paut dengan apapun" ungkap Hendra lagi.


Sehubungan dengan hal tersebut, Wendy Soewarno Kepada Hubungan Masyarakat PT SML mengungkapkan ser diganggu oleh Effendi dan teman temannya. "Ya, karyawan diancam, pos pantau dirusak, motor dibakar, alat kerja dirampas" ungkap Wendy.

0 comments
  • Instagram