Penggunaan Kata Sandi di Apple dan Google Akan Segera Berakhir, Diganti Sidik Jari dan Face ID

VONMAGZ, Jakarta- Jaman dimana para pengguna harus mengingat banyak kata sandi di semua perangkat dan akun yang dimiliki kini sebentar lagi akan berakhir. Microsoft, Apple, dan Google saat ini dilaporkan bekerja sama dengan World Wide Web Consortium dan FIDO Alliance untuk membuat standard masuk bebas kata sandi baru yang dimana para pengguna bisa masuk dan membuka kunci semua akun dan perangkat mereka tanpa perlu menggunakan satu kata sandi.

Photo Courtesy of Getty


Sebagai gantinya, yang perlu digunakan oleh para pengguna yaitu pemindaian biometrik seperti sidik jari dan Face ID untuk bisa mengakses semuanya. Kata Sandi sendiri dinilai merupakan salah satu ancaman terbesar terhadap keamanan siber. Dengan keputusan ini, ada harapan bisa mencegah serangan phishing di masa depan yang mengarah ke informasi dan identitas pribadi yang dicuri.


"Dengan bekerja sama sebagai komunitas lintas platform, kami akhirnya bisa mencapai visi ini dan membuat kemajuan signifikan dalam menghilangkan kata sandi. Kami melihat masa depan yang cerah untuk kredensial berbasis FIDO dalam skenario konsumen dan perusahaan dan akan terus membangun dukungan di seluruh aplikasi dan layanan Microsoft" kata VP perusahaan manajemen program identitas Microsoft, Alex Simons dalam sebuah penyataan.


Meskipun belum ada prediksi kapan teknologi baru ini akan dieksekusikan, tetapi Apple mengatakan bahwa teknologi itu akan terjadi di semua platform selama beberapa tahun mendatang.

0 comments