Pencipta Dance #SavageChallenge Berhasil Memenangkan Hak Cipta Setelah Diklaim Oleh TikTokers

Updated: Aug 3, 2021

VONMAGZ, JAKARTA- Keara Wilson, pencipta koreografi dance viral #SavageChallenge kini memiliki hak cipta atas gerakan yang ia buat untuk lagu Megan Thee Stallion. Wilson yang berumur 20 tahun menciptakan setiap gerakan pada Maret 2020 dan jutaan orang meniru gerakan tersebut dan mempostingnya di semua platform media sosial, termasuk Keke Palmer, Jennifer Lopez hingga pemilik lagu Megan Thee Stallion sendiri.

Dok: Cosmopolitan

Dengan memiliki hak cipta koreografi secara resmi, Wilson tidak hanya akan menerima kredit yang sesuai, namun ia dapat mengklaim pembayaran jika gerakan dance tersebut digunakan dalam produksi film atau video game, serta dapat mengambil tindakan hukum jika namanya tidak diberi kredit. Dalam sebuah wawancara dengan Cosmopolitan, Wilson menceritakan bahwa ia membutuhkan waktu satu jam untuk membuat gerakan dance #SavageChallenge dan semenjak itu, ia mulai mencari nafkah sebagai TikToker.


Keputusan itu merupakan sebuah kemenangan besar bagi pencipta TikTok kulit hitam yang telah berjuang untuk mendapatkan kredit. Selebriti seperti Charli D'Amelio dan Addison Rae Easterling dua TikToker paling populer telah memperoleh jutaan followers dengan melakukan tarian yang dikoreografikan oleh pencipta kulit hitam, bahkan mereka kini menjadi kaya raya dengan banyaknya brand yang ingin berkolaborasi. Segalanya memuncak ketika Rae muncul di The Tonight Show with Jimmy Fallon yang menampilkan beberapa gerakan yang diciptakan oleh TikToker kulit hitam. Para kritikus mengatakan pertunjukan tersebut tidak menghargai pencipta dengan benar dan Rae tidak melakukan keadilan.

0 comments