Pemerintah Siapkan Anggaran Rp52 Triliun Untuk Antisipasi Omicron Tahun 2022

VONMAGZ, JAKARTA- Pemerintah menyiapkan anggaran atau dana khusus senilai Rp52 triliun untuk mengantisipasi dampak varian Omicron pada tahun 2022 mendatang. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga mengatakan dana tersebut digunakan untuk penanganan Covid-19 dan juga untuk penyaluran bantuan sosial.

Photo Courtesy of Pontas.id


"Tadi dalam rapat dengan Bapak Presiden kami sampaikan beberapa skenario. Jadi kalau skenarionya ini tergantung dari efek omicron. Jika ada efek yang mirip dengan varian delta, maka pemerintah menyiapkan ruang fiskal untuk penanganan Covid dan pemulihan ekonomi nasional adalah sebesar Rp52 triliun" kata Airlangga lewat konferensi pers virtual. Senin (20 Desember).


Bukan hanya menyiapkan ruang fiskal, pemerintah juga akan megalokasikan 10 persen dana program pemulihan ekonomi nasional 2021 untuk tambahan penyaluran bansos. Sebelumnya pemerintah menganggarkan dana PEN 2021 senilai Rp744 triliun dan yang terpakai hanya Rp669 triliun. Airlangga mengungkapkan dana PEN 2021 sudah disalurkan untuk beberapa klaster seperti program prioritas, insentif usaha, perlindungan sosial, kesehatan, dan bantuan UMKM.

0 comments