Pemerintah Mengatakan Ada Wacana Vaksin Lanjutan Booter Keempat

VONMAGZ, JAKARTA- Ada wacana bahwa Indonesia akan memberlakukan program vaksinasi Covid-19 booster keempat apabila studi analisis menunjukkan bukti yang empiris, seperti yang disampaikan langsung oleh Dante Saksono Harbuwono selaku Wakil Menteri Kesehatan.

"Kalau nanti diperlukan dengan studi yang terus kita evaluasi ternyata kita butuh booster keempat, bukan tidak mungkin booster keempat itu perlu dilakukan. Tetapi sekarang yang mesti kita kejar adalah bahwa kita mesti melakukan equal policy" kata Dante lewat acara virtual, Rabu (23 Februari)


Namun meskipun wacana tersebut ada, kebijakan suntikan lanjutan itu tidak akan diberlakukan dalam waktu dekat karena saat ini pemerintah masih fokus menyelesaikan program vaksinasi satu dan dua yang dijadwalkan selesai Juni 2022. "Setelah vaksinasi primer lengkap, kemudian kita targetkan selesai bulan Juni. Kemudian kita evaluasi dengan uji klinik, epidemiologi, (apakah) kita perlu booster keempat. Bukan tidak mungkin booster keempat itu diperlukan, tapi bukan sekarang waktunya melakukan boposter yang keempat" tambah Dante.

0 comments