Peluncuran Valve's Steam Deck Jadi Pesaing Besar Pertama Nintendo Switch

VONMAGZ, JAKARTA- Harga saham Nintendo dilaporkan merosot drastis setelah Valve mengumumkan Steam Deck, PC Gaming genggam yang dapat memainkan game langsung dari Steam Library. Banyak yang menilai bahwa Steam Deck akan jauh lebih kuat daripada Nintendo Switch dan harga yang hanya sedikit lebih mahal daripada Switch. Diluncurkan pada Oktober mendatang, Steam Deck akan menjadi pesaing besar pertama Nintendo.

Valve's Steam Deck


Alasan peluncuran Steam sendiri adalah untuk memudahkan pengguna untuk membeli, menginstal, dan memainkan game baru hanya dengan beberapa klik secara online. Hal tersebut jauh lebih mudah dibandingkan dengan Nintendo Switch yang dimana sebelumnya pengguna mengeluhkan minimnya media game fisik, namun kelebihannya game game lama fisik dapat dijual kembali. Controller di Steam Deck juga tidak dapat dilepas pasang seperti Joy-Con di Nintendo Switch.

Steam Deck memiliki slot 2.230 m.2 dengan sistem operasi SteamOS berbasis Linux. Valve memperingatkan bahwa SSD berada di tempat yang sulit dijangkau dan menyarankan pengguna agar tidak iseng mengotak atiknya. Rencananya Valve akan dijual dengan opsi termurah di harga sekitar $400 USD atau setara dengan 5,7 juta rupiah dengan penyimpanan eMMC 64GB, walaupun juga ada opsi penyimpanan yang lebih besar yaitu 256 GB dan 512 GB.


Pengguna Steam Deck nantinya diklaim bisa bermain game ringan selama 8 jam dengan baterai 40 watt hour, sementara untuk game berat daya tahannya turun menjadi 4 jam. Seperti yang direview oleh The Verge, fitur lainnya ada dual microphone, dual speaker, port USB tipe-C untuk konektivitas, SteamOS berbasis Linux untuk aspek software, dan sensor gyroscope.

0 comments