Pejabat WHO : Mohon Bersabar, Vaksin Corona Akan Tersedia di Akhir 2021

VONMAGZ, Jakarta - Dale Fisher yang merupakan Ketua Organisasi Peringan dan Tanggap Global di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan kemungkinan tersedianya vaksin virus korona adalah paling cepat pada akhir tahun 2021 dikarenakan adanya kebutuhan uji coba Fase 2 dan 3 dari setiap vaksin untuk menjamin keamanan penggunaan, peningkatan produksi, distribusi, dan pemberian vaksin.


"Saya pikir, akhir tahun depan adalah ekspetasi yang sangat masuk akal untuk hadirnya vaksin" ungkapnya.

The patent has been granted by the United States Patent and Trademark Office (USPTO). (Reuters)


Pakar penyakir menular, Dr Anthony Fauci yang dipercaya oleh presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk membantu mengatasi pandemi juga menyatakan setidaknya memerlukan proses hingga 18 bulan mendatang.


"Namun tetap, biasanya butuh bertahun-tahun untuk mengembangkan obat baru. Sebagian besar ahli sepakat bahwa dibutuhkan setidaknya 12 hingga 18 bulan hingga kita mendapat vaksin yang tersedia dalam jumlah yang diperlukan," ungkapnya dan juga didukung pernyataan tersebut oleh WHO.


Dan saat ini di Amerika sudah ada 3 perusahaan sedang dalam proses pembuatan vaksin yaitu Inovia, Moderna, dan Pfizer. Masyarakat diminta untuk tidak berharap kehadiran vaksin corona tersebut dalam waktu yang singkat apalagi saat ini proses pembuatan vaksin masih di tahap pertama dan masih banyak tahap lanjutan yang harus dilakukan.

0 comments