top of page

Pakar Teknologi Ingatkan Penggunaan Aplikasi AI, Platform Bisa Simpan 'Data Wajah'

VONMAGZ, JAKARTA- Aplikasi foto yang merubah foto menjadi AI akhir-akhir ini populer digunakan oleh para pengguna sosial media. Lewat beberapa platform, para pengguna bisa merubah foto selfie menjadi astronot, superhero, dan kumpulan karakter lainnya.

Photo Courtesy of Twitter


Tapi sayangnya di bawah kebijakan privasi perusahaan, PRISMA AI (Perusahaan Induk Lensa) dapat menyimpan "Data Wajah" pengguna untuk membantu mengetahui jaringan saraf AI, meskipun ada klaim bahwa gambar-gambar para pengguna akan dihapus. Teknologi baru ini dasarkan menggunakan API TrueDepth Apple yang dapat melacak gerakan wajah. Beberapa laporan dari pengguna juga menyatakan bahwa aplikasi-aplikasi melakukan praktik predator dengan tidak membayar seniman yang terlibat dalam pembuatan gambar tersebut. Sementara aplikasi-aplikasi tersebut juga dikecam oleh banyak orang karena mencuri karya seniman orang lain untuk membuat gambar.


Lalu CEO dari Love Social media juga mengkhawatirkan tentang para pengguna yang menggunakan foto orang lain di aplikasi AI tersebut secara tidak tepat. "Privasi kalian, data penggunaan, protokol internet, alamat IP, dan cookie yang kalian gunakan dapat dikumpulkan, dan kemudian menggunakan data yang mereka kumpulkan dari orang-orang untuk menyempurnakan seni AI mereka" ungkapnya.


Selain itu, perusahaan-perusahaan yang memiliki aplikasi AI tersebut mengaku tidak memerlukan atau meminta metadata, tapi tech expert mengatakan terdapat cakupan hal-hal seperti koordinasi GPS dimana foto diambil. Dan beberapa foto secara otomatis membagian informasi tersebut secara default tanpa pengguna sadari.


Lalu dengan menyetujui Ts & Cs itu berarti pengguna telah menyetujui "lisensi perusahaan" yang memberikan izin kepada aplikasi untuk "mendistribusikan" dan "menggunakan" setiap foto yang kalian unggah. Selain itu, mereka (para pengguna) bisa menggunakan foto siapapun "tanpa kompensasi apapun"


Pada tulisan persetujuan tertulis : "Semata-mata untuk tujuan mengoperasikan (aplikasi), Anda memberi kami lisensi yang terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, noneksklusif, bebas royalti, mendunia, dibayar penuh, dapat dialihkan, dapat disublisensikan untuk menggunakan, mereproduksi, memodifikasi, mendistribusikan, membuat karya turunan dari Konten Pengguna Anda, tanpa kompensasi tambahan apa pun kepada Anda dan selalu tunduk pada persetujuan eksplisit tambahan Anda untuk penggunaan tersebut jika diwajibkan oleh hukum yang berlaku dan sebagaimana dinyatakan dalam Kebijakan Privasi kami ("Lisensi Perusahaan").




0 comments
bottom of page