Pakaian 'Pixelated' di Paris Fashion Week Tampilkan Mode Pakaian Metaverse di Dunia Nyata

VONMAGZ, JAKARTA - Sebuah pemandangan tak biasa muncul dalam acara peragaan busana Loewe di Paris Fashion Week akhir pekan ini. Di antara blus tembus pandang dan sepatu bertekstur, ada beberapa tampilan yang membuat penonton terkesima yaitu, hoodie, T-shirt, dan celana dengan tepi bergerigi dan bayangan kotor, seolah-olah pakaian itu baru saja rusak di tengah jalan.


Photo Courtesy of Getty Images


Hal ini merupakan salah satu penampilan dari merek fashion seperti Gucci, Balenciaga, Prada, dan banyak lainnya telah merayap ke metaverse dengan bermitra dengan perusahaan teknologi di Web3. Di Roblox, pemain dapat mengunjungi situs virtual bernama Gucci Town dan membeli pakaian Gucci untuk avatar mereka. Fortnite juga berkolaborasi dengan merek seperti Balenciaga pada skin in-game edisi terbatas dan turut menjual kemeja Fortnite fisik serta topi baseball di offline store.


Toko avatar Meta menjajakan pakaian desainer digital dari merek fashion mewah seperti Prada, Balenciaga, dan Thom Browne, terdengar begitu 'palsu' untuk dapat mengenakan pakaian fashion kelas atas di dunia virtual yang tidak mampu Anda beli di dunia nyata. Tetapi, pakaian metaverse tidak berarti lebih murah: tas tangan Gucci di Roblox terjual dengan harga lebih tinggi daripada yang asli. Koleksi baru Loewe memainkan garis batas antara nyata dan palsu, konkret dan imajiner, literal dan representatif.

0 comments