Oknum dan TNI Diduga Ikut Menyiksa Tahanan di Kerangkeng Bupati Langkat, Dilaporkan oleh Komnas HAM

VONMAGZ, JAKARTA- Saat ini muncul sebuah fakta baru terkait kerangkeng milik Bupati Langkat. Diduga mulai dari anggota keluarga Bupati Langkat hingga oknum polisi dan TNI ikut terlibat dalam tindak kekerasan kepada penghuni kerangkeng, seperti yang disampaikan oleh Komisioner Komnas HAM RI M Choirul Anam lewat konferensi pers di YouTube Humas Komnas HAM RI, Rabu (2 Maret).

Photo Courtesy of Liputan6


Ia juga mengaku telah mengetahui nama-nama pelaku kekerasan dengan kira kira 19 orang yang patut diduga menjadi pelaku dengan 26 bentuk kekerasan menggunakan 18 alat. "Jadi ada 19 yang patut diduga sebagai pelaku tindak kekerasan tersebut. Dengan karakter satu, dia adalah pengurus dari kerangkeng tersebut. Mulai dari pembina, kalapas, pengawas, palkam. Penghuni lama juga dilibatkan untuk melakukan tindak yang sama (kekerasan) sebagai alat kontrol. (Pelakunya) anggota ormas terntentu, oknum TNI-Polri, dan keluarga TRP" kata Choirul, seperti yang dilansir oleh CNNIndonesia.com.


Choirul Anam menambahkan bahwa saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polisi Militer Angkatan Darat untuk menyelidiki oknum yang bersangkutan. "Kami juga berkoordinasi dengan teman-teman TNI AD khususnya POM TNI Angkatan Darat. Kami melayangkan surat kepada POM TNI AD untuk meminta bantuan melakukan pendalaman dan penyelidikan karena ada oknum TNI yang terlibat dalam proses kerangkeng" kata Choirul.

0 comments