Novelis Star Wars Ungkapkan Disney Tidak Bayar Royalti

VONMAGZ, JAKARTA- Alan Dean Foster selaku penulis dari beberapa nobelisasi Star Wars mengungkapkan bahwa Disney hingga kini belum membayar royalti kepadanya. Selain itu, Disney juga memintanya untuk menandatangani perjanjian 'non disclosure' (perjanjian yang dibuat untuk mejaga informasi penting atau rahasia milik perusahaan agar tidak dibuka dan disebarkan).

Getty


"Anda terus mengabaikan permintaan agen dan perwakilan hukum saya. Saya tahu inilah ya ng sering dilakukan oleh perusahaan besar, mengabaikan permintaan dan pertanyaan dengan berharap sang pemohon akan pergi dan menyerah begitu saja. Tapi saya masih disini, saya belum mati dan saya masih berhak atas utang anda kepada saya" tulis Foster.

Foster sendiri menulis novel Star Wars: A New Hope yang diterbitkan pada tahun 1976 sebelum perilisan film. Ia juga menerbitkan sekuel Star Wats Splinter Of the Mind's Eye dan Disney mengakusisi film di tahun 2012 dan disitulah Disney berhenti membayar royalti kepadanya. Disney bajkan belum membayar Foster sepeser pun untuk karya novel miliknya.


Merespons pernyataan tersebut, Disney mengatakan korespondensi terakhir dilakukan pada bulan Maret lalu untuk meminta pertemuan, namun perusahaan tidak mendengar kabar apapun. Disney juga mengungkapkan bahwa perusahaan tidak meminta NDA formal, melainkan mengirimkan permintaan rahasia melalui email. Ini bukan kali pertama Disney memiliki aturan hak cipta yang berubah ubah, Disney secara konsisten memperpanjang periode hak cipta untuk melindungi perusahaannya. Hingga kini Disney belum memberikan informasi lebih lanjut terkait perdebatan sistem royalti dan hak cipta dari Foster.

0 comments