Nomor KTP dan NPWP Digabung

VONMAGZ, Jakarta- Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP akan menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk wajib pajak pribadi seiring disahkannya Rancangan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP) menjadi Undang Undang.

Ilustrasi: cermati.com


"Terdapat terobosan yang meruppakan usulan dari DPR, yaitu mengintegrasikan basis data kependudukan dengan sistem administrasi perpajakan. Dengan menggunakan NIK sebagai NPWP orang pribadi. Meskipun demikian, penggunaan NIK tidak berarti semua WNI wajib membayar PPh, tapi tetap memperhatikan pemenuhan syarat subjektif dan objektif untuk membayar pajak. Yaitu apabila orang pribadi mempunyai penghasilan setahun diatas PTKP atau orang pribadi pengusaha mempunyai peredaran bruto diatas Rp500 juta setahun" kata Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.


Yasonna juga menjelaskan dengan nomor NIK yang juga digunakan untuk nomor NPWP, maka akan memudahkan masyarakat yang Wajib Pajak orang pribadi untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya. Selain itu, penggunaan NIK sebagai NPWP juga memudahkan pemerintah untuk memantau administrasi WP OP di Indonesia.

0 comments