New Zealand Lewati 100 Hari Dengan 0 Kasus Dari Bulan Juni Tanpa Lockwdown

VONMAGZ, Jakarta- New Zealand telah dinyatakan berhasil melewati 100 hari dari awal Juni tanpa satu pun kasus Covid-19. Informasi tersebut dinyatakan oleh Kementerian Kesehatan New Zealand. "Sudah 100 hari sejak kasus terakhir Covid019 diperoleh secara lokal dari sumber yang belum diketahui" kata Kementerian Kesehatan.

Dok : Business Insider


Namun di sisi lain, masih adanya 23 kasus aktif covid-19 dalam fasilitas isolasi yang terpapar dari bulan April-Mei. Itupun belum ada kasus penambahan hingga Juni. Awalnya New Zealand memang melakukan penguncian keras di awal April ketika negara lain terlambat untuk lakukan lockdown. New Zealand yang telah lockdown di awal menutup sekolah dan seluruh sektor bisnis termasuk distribusi makanan dan minuman. Mereka juga menutup kedatangan warga asing dan warga Selandia Baru yang masuk harus melakukan karantina sendiri selama 2 minggu di rumah masing masing.

Dok : The Quint


"Mencapai 100 hari tanpa penularan corona merupakan tonggak penting. Namun seperti yang kita semua tau, kita tidak bisa berpuas diri. Kami telah melihat di luar negeri betapa cepatnya virus dapat muncul kembali dan menyebar di tempat yang sebelumnya terkendali. Maka dari itu kami perlu bersiap untuk segera mungkin membasmi setiap kasus di masa depan di New Zealand" ungkap Ashley Bloomfield Direktur Jenderal Kesehatan.

0 comments