Netflix Dipaksa Untuk Menghapus 9 Film Atas Tuntutan Dari Pemerintah. Ini Penyebabnya

VONMAGZ, Jakarta - Dalam langkah transparasi, Netflix menunjukkan film dan acara TV yang telah dihapus dari layanannya atas tuntutan dan pemerintah asing. Ini adalah situasi ketika Netflix harus menghapus series "Friends" di awal tahun untuk lokasi Amerika Serikat. Namun ini adalah hak atas film dan acara TV untuk diperjual belikan begitu pula masa kadaluawarsanya.


"Kami menawarkan kepada seluruh content creator untuk menjangkau pemirsa di seluruh dunia melalui netflix, namun katalog kami bervariasi dari satu negara ke negara, begitupun untuk alasan hak. Dalam beberapa kasus, kami juga terpaksa menghapus judul atau episode di negara tertentu karena tuntutan penghapusan dari pemerintah" ungkap Netflix.


Source : AFP/Getty Images


Netflix sendiri pernah menerima permintaan dari pemerintah untuk menghapus film "The First temptation of Christ" untuk dihapus dari layanan di Brazil. Netflix langsung mengajukan banding ke Mahkamah Agung dan menang untuk tidak menghapus film tersebut. Netflix melaporkan perusahaan kini telah menghapus 9 judul film sesuai dengan tuntutan pemerintah. Inilah alasan dan konten yang telah dihapus: The Bridge : Netflix mengatakan telah memenuhi permintaan tertulis dari Badan Pelabelan Film dan Video Selandia Baru untuk menghapus film ini dari layanannya. Penyebab atas tuntutan ini dikarenakan konten yang disebut "tidak menyenangkan" karena bercerita tentang Jembatan Golden Gate dan hubungannya dengan meningkatnya kasus bunuh diri. Netflix memiliki kewajiban untuk menghilangkan film ini karena Selandia Baru memiliki undang undang yang cukup ketat tentang pelaporan media dengan konten bunuh diri.

Full Metal Jacket : Tuntutan tertulis dari Otoritas Penyiaran dan Informasi Elektronik Vietnam untuk menghapus film Perang Vietnam dari layanan di negara tersebut. Permintaan penghapusan dibuat atas penggambaran film Hao Chi Minh. Night of the Living Dead : Pemerintah Jerman menuntut penghapusan film versi klasik zombie George Romero. Netflix memenuhi permintaan tersebut dan menghapusnya dari layanan.

Cooking on High, The Legend of 420, dan Disjointed : Singapore Media Development Authority meminta untuk menghapus 3 film dari layanan di Singapura. Di Film tersebut menceritakan tentang memperjual belikan narkoba secara ilegal di Singapura.

Patriot Act with Hasan Minhaj : Film ini sempat menggegerkan perhatian ketika Komisi Komunikasi dan Informasi Teknologi Saudi meminta penghapusan episode "Arab Saudi" dari layanan di negara itu. Episode ini sangat kritis terhadap putra mahkota Mohammed bin Salam setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Netflix akhirnya memenuhi permintaan penghapusan tersebut.


The Last Temptation of Christ : Otoritas pengembangan Media Singapura mengirimkan permintan tertulis untuk penghapusan film ini dikarenakan memiliki maksud demi kerukunan umat beragama. Film ini menimbulkan kontroversi mengenai penggambaran tentang Yesus Kristus yang memiliki hubungan dengan Mary Magdalene.

The Last Hangover : Permintaan penghapusan yang terjadi baru baru ini juga dari Singapura karena konten yang menyinggung kelompok ras atau agama adalah ilegal di singapura . Permintaan tersebut dipenuhi oleh Netflix.

Negara Singapura adalah negara dengan permintaan penghapusan paling banyak yaitu 5 judul film untuk dihilangkan dari layanan Netflix. Netflix juga menyatakan akan terus melaporkan tuntutan dan permintaan penghapusan setiap tahun dalam langkah transparasi.

0 comments
  • Instagram