NATO Aktifkan Pasukan Khusus NRF Untuk Pertama Kalinya

VONMAGZ, JAKARTA- Jens Stoltenberg selaku Sekretaris Jenderal NATO menyatakan bahwa mereka akan mengerahkan pasukan khusus NATO Response Force (NRF) untuk pertama kalinya untuk memperkuat pertahanan di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Getty Images


"Saat ini situasi masih statis. Apa yang telah kita lihat adalah pasukan Ukraina bertempur dengan berani dan benar-benar mampu menimbulkan kerusakan pada pasukan Rusia yang menyerang" kata Stoltenberg setelah melakukan pertemuan bersama para pemimpin NATO, Sabtu (26 Februari).


Seperti yang diketahui, pasukan NRF sendiri terbentuk pada tahun 2003 yang terdiri dari 40 ribu personel dan mencakup 8.000 kontigen dengan kesiapan tinggi dengan pasukan udara, laut, dan operasi khusus yang dapat dikerahkan dalam beberapa hari. "Kami memiliki lebih dari 100 jet dalam siaga tinggi yang beroperasi di lebih dari 30 lokasi berbeda dan lebih dari 120 kapal dari utara hingga Mediterania" kata Stoltenberg.


"Kemarin, sekutu mengaktifkan rencana pertahanan kami dan, sebagai hasilnya, kami mengerahkan elemen Pasukan Respons NATO (NRF) di darat, di laut, dan udara untuk lebih memperkuat postur kami dan untuk merespons dengan cepat segala kemungkinan" kata Stoltenberg.

0 comments