NASA Adakan Kontes Pembuatan Makanan Untuk Astronot, Dari Bibimpap Korea Hingga Taco Bell

VONMAGZ, JAKARTA- Dengan keterbatasan jenis makanan yang dapat dibawa dan dimakan di luar angkasa, NASA telah mengadakan kontes untuk mengembangkan menu bagi para astronot di masa depan.


Young Cho, koki asal Seattle bersama timnya kini maju di babak kompetisi berikutnya dan ingin meningkatkan makanan jaman sekarang dan kemungkinan dapat dimakan oleh astronot. Sebelumnya selama beberapa ratusan tahun, NASA hanya bekerja sama dengan ilmuwan makanan daripada koki dengan alasan adanya potensi bahaya seperti makanan yang mudah terbakar, jangka waktu, dan tekstur. Para ilmuwan telah berusaha mencari tahu jenis makanan apa yang dapat tumbuh di luar angkasa, namun satu satunya jenis yang mampu menumbuhkan kehidupan adalah selada.

Getty Images


Tapi akhir akhir ini ada penilaian tentang kesehatan mental yang bermain penting dalam kaitan makanan, jadi makanan kemasan tanpa rasa dinilai tidak begitu menarik. Dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya, astronot yang sekarang sudah dapat menikmati produk yang sudah dikemas seperti mie Nissin berbentuk bola, lalu juga ada tortilla Taco Bell.

Getty


Chef Cho dan tim dijuluki sebagai 'Ad Astra' yang sedang mengerjakan proyek reinventing food dan dengan kemapuan untuk dapat disimpan lebih lama. Sebagai orang Korea-Amerika, Cho dan tim juga membuat variasi bibimbap Korea dan bereksperimen dengan penggunaan bumbu yang tidak biasa seperti akar burdock dan bunga untuk memberikan sensasi rasa selama perjalanan. "Tidak semua astronot berkulit putih lho, jadi bisa membuat ulang makanan yang mereka kenal, saya pikir akan istimewa bagi mereka untuk bisa merasakan makanan mereka" kata Cho kepada Eater Seattle.

0 comments