Nadiem Makarim Resmi Izinkan Sekolah Tatap Muka Mulai Januari 2021

VONMAGZ, JAKARTA- Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru terkait sekolah di masa pandemi Covid-19 yang selama ini seluruh siswa dan mahasiswa melakukan sekolah online. Pemerintah secara resmi memberikan izin kepada pemerintah daerah untuk menerapkan pembelajaran tatap muka di sekolah mulai Januari 2021.


"Pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, kanwil atau kantor kemenag untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah sekolah di bawah kewenangannya. Jadi pemerintah daerah dan sekolah diharapkan dari sekarang kalau siap untuk melakukan tatap muka. Kalau ingin melakukan tatap muka harus segera meningkatkan kesiapannya untuk melaksanakan ini dari sekarang sampai akhir tahun" kata Nadiem Makarim di YouTube Kemendikbud Republik Indonesia, Jumat (20/11).


Nadiem juga mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan evaluasi hasil SKB empat menteri sebelumnya. Nadiem melihat situasi hingga hari ini 13 persen sekolah yang telah melakukan pembelajaran tatap muka sedangkan 87 persen masih melakukan sekolah online. Syaiful Huda selaku ketua komisi DPR mengatakan mendukung rencana pembukaan sekolah tersebut. "Kami mendukung pembukaan sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Tetapi hal itu harus dilakukan dengan protokol kesehatan ketat saat ini penularan wabah Covid-19 masih terus berlangsung. Bahkan menunjukkan angka peningkatan dalam minggu minggu terakhir ini" kata Huda.


Menurut Huda, pembukaan sekolah tatap muka memang menjadi kebutuhan karena pola pembelajaran online tidak dapat berjalan secara efektif seiring minimnya sarana dan prasarana pendukung.

0 comments
  • Instagram