Muncul Boneka Santet Dengan Gambar Kepala Putin di Beberapa Kuil di Jepang

VONMAGZ, JAKARTA- Boneka santet yang terbuat dari jerami dengan tempelan gambar kepala Valdimir Putin selaku Presiden Rusia dilaporkan ditemukan di sejumlah kuil di Jepang. Boneka-boneka santet tersebut ditemukan sudah terpaku di beberapa pohon suci pada pertengahan Mei 2022 yang lalu.

Photo Courtesy of YouTube/FNN


Seperti yang diketahui, Putin sendiri memiliki persepsi negatif dari publik akhir-akhir ini setelah melakukan invasi ke Ukraina dan dinilai telah memicu ketidakstabilan global, termasuk ancaman resesi ekonomi yang bisa berpengaruh buruk ke Jepang.


Di sisi lain, pihak kepolisian jepang sendiri mengatakan bahwa laporan tentang penemuan boneka santet dengan gambar kepala Putin tersebut sering berdatangan sejak pertengahan Mei yang lalu dan sudah ditemukan di hampir 10 kuil per awal Juni 2022. Namun perwakilan umat bernama Nobuo Shibuya dari salah satu kuil menyayangkan aksi tersebut. Menurutnya, kuil merupakan tempat berdoa dan bukan sebagai tempat mengutuk manusia.


"Saya bisa mengerti karena ingin perang berakhir, tapi tolong berhenti melakukan hal seperti itu kepada pohon suci. Kuil bukan tempat untuk mengutuk, tapi untuk berdoa. Hal ini mengkhawatirkan bahwa ada orang yang tanpa ragu untuk melakukan hal-hal yang biasanya tidak dilakukan di kuil" ujarnya.


0 comments