Mulai 2027, Jenazah Manusia Bisa Dijadikan Pilihan Untuk Pupuk Kompos

VONMAGZ, JAKARTA- Mulai 2027, pemerintah kota California, AS memberikan izin untuk opsi menjadikan jenazah manusia sebagai kompos. Hal itu dilakukan untuk mengatasi tantangan perubahan iklim dan sudah disahkan dengan merilis peraturan baru.

Photo Courtesy of Viva


Penggunaan jenazah manusia sebagai kompos tersebut dikenal dengan Natural Organic Reduction atau Pengurangan Organik Alami. Dan untuk penggunaannya juga tidak asal-asalnya, pasalnya ini akan menjadi pilihan bagi warga yang tidak ingin dikubur atau memilih opsi dikremasi setelah meninggal dunia. Dan menurut pemerintah kota California, selain untuk mengatasi perubahan iklim, tempat pemakaman umum saat ini semakin penuh dan sulit untuk dikembangkan. Sementara untuk pembakaran mayat juga dianggap menjadi polusi udara.


"NOR pada dasarnya menggunakan proses yang sama dengan sistem pengomposan berkebun di rumah. Menggunakan metode yang sama untuk transformasi sisa-sisa manusia dapat menciptakan jarak spiritual, emosional dan psikologis yang tidak menguntungkan buat almarhum beserta keluarganya" kata Direktur Eksekutif Konferensi Katolik California, Kathleen Domingo berpendapat.

0 comments