Mobil Tesla Model X Berhasil Dibobol Hacker Menggunakan Bluetooth

VONMAGZ, JAKARTA- Mobil elektrik Tesla Model X diketahui dapat dibobol dengan mudah hanya dengan menggunakan bluetooth. Hal tersebut telah dilakukan oleh seorang hacker dan membuat mobil tersebut dicuri hanya dalam waktu 90 detik. Menurut Lennert Wouters seorang peneliti Keamanan dari Universitas KU Leuven Belgia, celah tersebut ditemukan pada kunci fob yang bisa digunakan untuk menyalakan mobil secara nirkabel. Sang peretas dapat menulis ulang firmware dari kunci forb melalui koneksi bluetooth.

Financial Express


Selain itu Wouters juga menjelaskan alat yang dibutuhkan untuk melakukan pembajakan tersebut hanya bermodalkan 300 dolar AS atau sekitar 4,2 juta rupiah. Alat tersebut dapat dihubungkan langsung ke mobil Tesla menggunakan port sederhana dan langsung berhasil memperoleh kontrol penuh atas mobil Tesla Model X.

Tesla


"Pada dasarnya, kombinasi dua kelemahan tersebut memberikan kesempatan bagi sang hacker untuk mencuri mobil Tesla Model X dalam beberapa menit saja. Ketika anda menggabungkannya, anda memperoleh metode penyerangan yang sangat kuat" kata Wouters kepada Wired. Wouters juga mengungkapkan bahwa ia bersama tim telah mengirimkan peringatakan kepada Tesla untuk memperbaiki sistem mobil buatannya sejak bulan Agustus lalu. Namun hingga gini Tesla dirasa belum berencana untuk merilis sebuah pembaruan atau update sistem operasinya. Wouters juga menyarankan para pemilik kendaraan Tesla Model X untuk tidak menyebarkan dan mempublikasikan kode apapun terkait nomor identifikasi mobil mereka.

0 comments