Meta Buat Komitmen Anti-monopoli Iklan Online


Photo Courtesy of Getty Images


VONMAGZ, JAKARTA - Badan pengawas anti-trust Prancis mengatakan pada Kamis (16/6), bahwa mereka telah menyetujui komitmen yang dibuat oleh pemilik Facebook Meta Platforms (META.O) terkait sektor periklanan online Prancis.


Meta berkomitmen untuk memberikan akses ke inventaris iklan dan data kampanye selama lima tahun unduk membangun kondisi yang transparan, objektif, dan dapat diprediksi, kata regulator Prancis.


"Ini pertama kalinya Meta membuat komitmen kepada otoritas persaingan (atas sektor iklan)," kata wakil ketua otoritas persaingan Prancis Henri Piffaut.


Hal ini disebabkan oleh keluhan yang disampaikan perusahaan periklanan online Prancis Criteo (CRTO.O) beberapa waktu lalu. Keluhan ini dilayangkan untuk mencegah pola bisensi discriminati di sektor periklanan online.


Meta memberikan akses ke data iklan melalui mitra bisnisnya dan telah berkomitmen bahwa perusahaan teknologi iklan dapat mengaksesnya. Komitmen yang dibuat oleh Meta berlaku untuk inventaris iklan di semua platform Meta, termasuk Facebook dan Instagram, kata pengawas.


"Anda dapat mengembangkan ekosistem tetapi tidak boleh mengesampingkan pesaing," kata Piffaut.

0 comments