Menyediakan Dapur yang Dapat Dipakai Bersama, Cloud Kitchen Hemat Biaya Bisnis Kuliner Pemula

VONMAGZ, JAKARTA- Pandemi yang terjadi sepanjang tahun ini telah mengubah perilaku masyarakat yang awalnya makan di restoran menjadi lebih memilih untuk memesan makanan dari rumah secara online. Di Indonesia sendiri perkembangan bisnis makanan online telah mencapai pertumbuhan hingga 20%. Ini merupakan peluang bagi para pebisnis pemula untuk memulai bisnis kuliner.

Images : Liandro N. I. Siringoringo


Namun bagi kalian yang merasa berat dengan biaya operasional yang tinggi, ada platform bernama Cloud Kitchen yang akhir akhir ini banyak dilirik dan digunakan oleh para pebisnis kuliner selama pandemi. "Cloud kitchen adalah sebuah dapur yang ditujukan untuk membuat makanan yang akan dijual. Jadi disesuaikan dengan kebutuhan" kata Certified Franchise Expert, Ketua Pengembangan Resto Perhimpunan Hotel dan restoran Indonesia, Susanty Widjaya. Dalam pernyataannya, Cloud Kitchen dapat memproduksi makanan dari satu sampai beberapa merek sekaligus dan hanya menawarkan jasa pesan antar saja.

Images : Liandro N. I. Siringoringo


Dari yang terlihat, Cloud Kitchen itu sendiri konsepnya mirip co-working space. Jadi dapur tersebut bisa digunakan oleh banyak brand restoran. Hal ini tentu dapat menghemat biaya operasinal karena biaya sewa, tempat, peralatan dan staff dapat terpangkas. Cloud Kitchen kini telah membuka dapur pertamanya di daerah Kemang, Jakarta Selatan dengan menyediakan 90 dapur.

0 comments
  • Instagram