Menkes Prediksi Puncak Kasus Covid-19 Terbaru Jatuh Pada Bulan Juli

VONMAGZ, JAKARTA - Setelah mengumumkan masuknya Covid-19 Omicron sub-varian BA.4 dan BA.5 ke Indonesia minggu lalu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin kini memprediksi puncak kasus Covid-19 terbaru akan mencapai 25.000 kasus per hari.

Photo Courtesy of pixabay.com


Berdasarkan pemantauan kasus tersebut di negara lain, Budi Sadikin dalam acara Penyambutan Kenegaraan Presiden Republik Federal Jerman, di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6) menyampaikan, "Kami percaya nanti akan ada kenaikan mungkin maksimumnya 25 ribu per hari,”


Virus Covid-19 Omicron dental varian baru BA.4 dan BA.5 pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan. Berdasarkan pemantauan di sana, jumlah kasus dengan varian baru ini hanya sebanyak 33,3% dari puncak kasus Covid-19 varian sebelumnya, yaitu Omicron atau Delta.

Jika sebelumnya saat puncak varian Delta dan Omicron, Indonesia mengalami 60.000 kasus per hari, maka perkiraan puncak Omicron varian baru ini hanya akan mencapai anger 20.000-25.000 kasus per hari.


Sedangkan puncak kasus sendiri biasanya terjadi setelah satu bulan sejar kasus pertama ditemukan. Maka, puncak kasus BA.4 dan BA.5 di Indonesia diprediksi baru akan terjadi pada pekan ketiga dan keempat Juli mandatang.


"Setelahnya akan turun kembali ," ucap Budi Sadikin.

0 comments