Menang Tender, Perusahaan Hungaria Akan Garap Tol Tanpa Stop di Indonesia

VONMAGZ, Jakarta- Pemerintah telah umumkan perusahaan Roatex, Ltd, Hungaria sebagai pemenang tender untuk proyek penerapan sistem transaksi tol non tunai berbasis Multilane Free Flow (MLFF) sehingga seluruh kendaraan tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol. Roatex memegang proyek tersebut selama 10 tahun dan dapat dimulai pada tahun 2022 di sebagian besar jalan tol terutama Pulau Jawa dan Bali.

Images : Kaltimprov


MLFF itu terbagi lagi menjadi 3 jenis teknologi di antaranya Radio Frequency Identification (RFID), DSRC (dedicated short-range communication), dan Global Navigation Satellite System (GNSS). Adapun jenis teknologi yang akan diterapkan Roatex adalah berbasis GNSS. GNSS merupakan sistem pembayaran yang menggunakan alat yang dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit. "Jika dibandingkan dengan RFID yang telah diterapkan saat ini membutuhkan alat pembaca di setiap tempat. Tapi kalau satelit alat pembacanya tidak harus di setiap tempat, sehingga bisa lebih murah" Kata Hery Trisaputra Zuna selaku Direktur Perumusan Kebijakan dan Evaluasi.


Hery menambahkan bahwa penerapan teknologi MLFF pada gerbang jalan tol akan dilakukan secara bertahap dengan peralihan ke sistem RFID terlebih dahulu. "Kalau teknologi MLFF nanti semua kendaraan harus diregistrasi terlebih dahulu, sehingga pada tahap awal akan dipakai dulu sistem RFID untuk meregister. Setelah semua 100 persen terdaftar baru pindah ke GNSS" tambahnya.

0 comments